Bermula dari rasa penasaran untuk mencicipi kaburator konvensional legendaris, maka pada kesempatan ini saya akan memaparkan cara pemilihan, pemasangan, penyetingan dan penyelesaian masalah tentang pemasangan karbutator pe 28.
Kuda besi percobaan sekarang adalah seonggok besi tua dengan merek megapro hiu tahun 2005, eitsss........ jangan salah walaupun tergolong motor yang cukup tua namun tetap setia dan tangguh untuk menemani jalan kemana saja (membela diri agar tidak dibully). Oke..kembali ke topik utama. Ketika sobat memutuskan untuk memilih karbu pe 28 pertama yang dilihat adalah finishing dari body karburator tersebut. Ingaaat, karburator baik tidak selalu dibandrol dengan harga yang sangat mahal. Memang sih cari karburator yang bagus agak repot, tetapi kalo pengen dapet karbu yang bener2 bagus ya beli yang asli sekalian aja sob. ini cm buat modifikasi yang ngiiriiiitt.. Kalo ada yang murah dengan kualitas bagus kenapa gak kan? (jadi sisanya bisa buat jajan yang lain..hehe). Saya akan memulai pemilihan karburator yang murah dan bagus. Finishing yang rapi dapat kita lihat dari bentuk dan lekukan dari tubuh si karburator tersebut. Yang paling gampang diamatin adalah moncong dari karbu tersebut. Bila bagian dalam dari moncong tersebut rapih dan halus berarti 80% karbu tersebut dapat dibilang baik, ingat 80% saja ya sob. Kalo boleh dilihat daleman karbunya itu lebih baik, seperti skep panjang, jarum tidak bisa disetel, pj 42s/mj 152 keihin, pelampung warna putih dan tidak bisa disetel.


Next Step. Cara pemasangan ke honda megapro, Yang harus dilakukan jelas melepas kaburator ori bawaan megapro. kalo yang belum tau caranya akan saya jelaskan, tapi maaf ya gada gambarnya (kalo mau nanti saya update lagi).
- Buka penutup samping/body samping kanan megapro. putar baut pengencangan pada selang filter yang terhubung dengan karburator.
- lepaskan karbu dengan mengendorkan baut pengencang karburator.
- lepaskan baut manifold.
- terakhir lepaskan kabel gas dan kabel power throtel (lupa namanya).
- Ganti Manifold dengan manifold binter mercy, murah kok cuma 50 rb-an uda dapet yang asli. yang jual bnyak di toko onderdil motor.
- ganti jarum skep yang terpasang di karbu PE28, dengan jarum skep karbu ori bawaan motor megapro/tiger.
- Ingeett..jarumnya aja ya sob.
- pasang kabel gas ke karburator PE 28, dan kabel power thtotelnya tidak dipasang (diamankan agar tidak nyangkut)
- pasang dengan baik karburator dengan cara yang terbalik dari peoses pelepasan karbu diatas.
- Untuk jettingya tinggal penyesuaian aja, biasanya PE28 ukuran pilot jet 40, dan main jet 115/120.
- Coba hidupkan mesin. bila mesin susah hidup, caranya tarik gas seperempat putaran lalu di kick starter (engkol).
- setelah nyala tahan RPM di putaran 3000 RPM, lalu putar ke kanan AIR SCREW (baut udara) dengan obeng minus ke arah kanan hingga mentok, dan langsung dibuka ke kiri pelan2 sesuai dengan naiknya RPM mesin. Putar terus ke kiri air screw hingga menemukan RPM tertinggi dan STOP memutar air screw.
- Setelah mendapatkan putaran air screw yang baik, lalu putar baut stasioner hingga RPM yang cocok bagi anda, kalo saya lebih suka 1300an RPM.
- Rasakan Mautnya tarikan dari si PE 28 ini.
- Tarikan semakin yahut, gampang buat standing hahaha
- Konsumsi BBM malah bisa lebih irit bila dibawa santai
- Dan sedikit boros bila dibawa ngebut.. dengan mesin standart saya bisa meraih 120km/jam (onthespeedometer), padahal ukuran ban sudah dibuat agak gambot.
Kondisi Busi gmn setelah di ganti Pe28?? Bisa coklat ndak?
BalasHapusKalo jarum.nya di ganti punya gl bisa gak sob
BalasHapusBisa mas kyknya , jarum mp sama gl hampir sama
Hapusmanifold binter mersy tinggal plug&play kan
BalasHapusManifold binter kudu gedein lubang bautnya lur
BalasHapusLur kabel gasnya pake apa?
BalasHapusSpuyernya pake punya gl pro bisa nggak?
BalasHapuskabel gas bisa pakai gl-100
BalasHapusora enek balasan,
BalasHapusweleeeeeeeeee waleeeeeh
Mending remer karbu bawaan nya lur,porting polish in 28 ex halusin aja piston os 50 bisa145 km/jam dapet final gir 14/38 - 15/41 rim 17 ban 70/80 depan ,80/80 belakang,tanpa papras kem
BalasHapusNumpang tanya, motor ane mp 2005. Mau ganti pe28 rideit dan itu manipol nya hrs pake yg tiger yah ?
BalasHapusDan saya mau tnya karbu nya yg pelampungnya bisa di setting atau paten yah ?
Trima kasih
Pake manifold Scorpio bisa gan
HapusMalah langsung plug n plat tanpa merubah lubang baut
Tapi lubang induksi nya ditambal pake lem besi
Lebih tepat pakai punya binter mercy saya beli 35 cuman bor lubangnya aja
Hapussaya punya megapro 2005 pakai pe 28.tarikan bawah enak terus atasnya kurang.gmn sobat
HapusMain jetnya kurang gede mas .
HapusPunya sya megapro 2001 pake pe 28 tarikan enak tpi ujungya brebet turun gas mati tpi di starter hidup lagi apnya yah sob
BalasHapusSetting ukuran main jet kebesaran
BalasHapussaya punya megapro2005 pake pe 28.tarikan bawah enak.atasnya kurang.gmn solusinya sobat.
BalasHapusuntuk rombaan leher karbu PE ke megapro primus, itu yg d pakai leher karbu apa gan. mohon infonya.
BalasHapusManipol?
BalasHapusMemang yang ori lebih yahut.. karbu standard mp/ GL series aja udah yahut.
BalasHapusSya pke megapro primus karbu pe 28 tarikan bawah oke sih cma klo buat gas hentak brebet gmna tuh sarannya
BalasHapusputaran atas kurang suplay bensin bang,
HapusOm mau tanya syaa megapro tak kasih pe 28 tapi mj udah tak ganti ori megapro di rpm atas masih brebet jarum skep tak taruh di nomer 3
BalasHapusBuat setting udara berapa puteran ya mas
BalasHapusTulisan yang bermanfaat dan menginspirasi, berbagi ulasan tentang perbaikan mobil dan motor Tutorial mengenai Ukuran Karburator Motor
BalasHapusKalu punya saya mp pake pe 28 tx kasih pj 38 mj152 enak bang tapi kk kadang mati sendiri kaya bensine gak ngalir ... Habis buat ngebut trs mati
BalasHapusKurang bahan Baker
HapusApa cocok karbu pe 28, untuk motor mega pro bore up 260cc?
BalasHapusApa cocok karbu pe 28, untuk motor megapro bore up 260 cc? Kalau cocok ukuran pj mj kira kira berapa ya?
BalasHapusPE 28 di magapro 2005
BalasHapusPJ = 45
MJ = 125
Atau
PJ = 40
MJ = 120
Gaaasss
Kalo di mp new monoshock brp ukuran pj sm mj nya
HapusGl pro black engine ,piston tiger lubang in ex di porting,,,pake pe 28...pj 38..mj 120....masih ada brebet tengah dan ujung nya..mohon pncerahan nya nuhun
BalasHapusKarbu PE untuk mp 2004 pakai PE no brp ya?
BalasHapusMp thn 2006 pakai pe 28. Agar tarikan mantap.mohon solusinya
BalasHapuskalo PE sma PWL enakan mana
BalasHapustergantung settingan masing2 motor, tp dr pengalaman enakan pwl
Hapus