Jumat, 27 Mei 2016

Mencicipi galaknya tarikan karbu pe 28

Bermula dari rasa penasaran untuk mencicipi kaburator konvensional legendaris, maka pada kesempatan ini saya akan memaparkan cara pemilihan, pemasangan, penyetingan dan penyelesaian masalah tentang pemasangan karbutator pe 28.

Kuda besi percobaan sekarang adalah seonggok besi tua dengan merek megapro hiu tahun 2005, eitsss........ jangan salah walaupun tergolong motor yang cukup tua namun tetap setia dan tangguh untuk menemani jalan kemana saja (membela diri agar tidak dibully). Oke..kembali ke topik utama. Ketika sobat memutuskan untuk memilih karbu pe 28 pertama yang dilihat adalah finishing dari body karburator tersebut. Ingaaat, karburator baik tidak selalu dibandrol dengan harga yang sangat mahal. Memang sih cari karburator yang bagus agak repot, tetapi kalo pengen dapet karbu yang bener2 bagus ya beli yang asli sekalian aja sob. ini cm buat modifikasi yang ngiiriiiitt.. Kalo ada yang murah dengan kualitas bagus kenapa gak kan? (jadi sisanya bisa buat jajan yang lain..hehe). Saya akan memulai pemilihan karburator yang murah dan bagus. Finishing yang rapi dapat kita lihat dari bentuk dan lekukan dari tubuh si karburator tersebut. Yang paling gampang diamatin adalah moncong dari karbu tersebut. Bila bagian dalam dari moncong tersebut rapih dan halus berarti 80% karbu tersebut dapat dibilang baik, ingat 80% saja ya sob. Kalo boleh dilihat daleman karbunya itu lebih baik, seperti skep panjang, jarum tidak bisa disetel, pj 42s/mj 152 keihin, pelampung warna putih dan tidak bisa disetel.
 https://thefactistrue.files.wordpress.com/2012/11/04022011373.jpg?w=580
Image 
Next Step. Cara pemasangan ke honda megapro, Yang harus dilakukan jelas melepas kaburator ori bawaan megapro. kalo yang belum tau caranya akan saya jelaskan, tapi maaf ya gada gambarnya (kalo mau nanti saya update lagi).
  1. Buka penutup samping/body samping kanan megapro. putar baut pengencangan pada selang filter yang terhubung dengan karburator.
  2. lepaskan karbu dengan mengendorkan baut pengencang karburator.
  3. lepaskan baut manifold.
  4. terakhir lepaskan kabel gas dan kabel power throtel (lupa namanya).
  5. Ganti Manifold dengan manifold binter mercy, murah kok cuma 50 rb-an uda dapet yang asli. yang jual bnyak di toko onderdil motor.
  6. ganti jarum skep yang terpasang di karbu PE28, dengan jarum skep karbu ori bawaan motor megapro/tiger. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0NLvOeRVzODKjq2Nfz4Q28KHFuiHpIhYaVQIHXn6KU26gGK1nAQwFKyyo6_EsLIawr2TuII3QSF02_KG9Xc_GqsobNHuWwDiBiib6p9bflm9O6PfiOfgBI_EbVVdr3IwbHMMFKO6LzMNQ/s1600/gh.jpg 
  7. Ingeett..jarumnya aja ya sob.
  8. pasang kabel gas ke karburator PE 28, dan kabel power thtotelnya tidak dipasang (diamankan agar tidak nyangkut)
  9. pasang dengan baik karburator dengan cara yang terbalik dari peoses pelepasan karbu diatas.
  10. Untuk jettingya tinggal penyesuaian aja, biasanya PE28 ukuran pilot jet 40, dan main jet 115/120.
  11. Coba hidupkan mesin. bila mesin susah hidup, caranya tarik gas seperempat putaran lalu di kick starter (engkol).
  12. setelah nyala tahan RPM di putaran 3000 RPM, lalu putar ke kanan AIR SCREW (baut udara) dengan obeng minus ke arah kanan hingga mentok, dan  langsung dibuka ke kiri pelan2 sesuai dengan naiknya RPM mesin. Putar terus ke kiri air screw hingga menemukan RPM tertinggi dan STOP memutar air screw.
  13. Setelah mendapatkan putaran air screw yang baik, lalu putar baut stasioner hingga RPM yang cocok bagi anda, kalo saya lebih suka 1300an RPM.
  14. Rasakan Mautnya tarikan dari si PE 28 ini.
Yang saya rasakan setelah mengganti karbu dengan PE 28 ini :
  1. Tarikan semakin yahut, gampang buat standing hahaha
  2. Konsumsi BBM malah bisa lebih irit bila dibawa santai
  3. Dan sedikit boros bila dibawa ngebut.. dengan mesin standart saya bisa meraih 120km/jam (onthespeedometer), padahal ukuran ban sudah dibuat agak gambot.
berhubung laptop saya sudah teriak kepanasan,maka cukup sampe sekian saja ya sob.. bila ada pertanyaan langsung saja ketik di kolom komentar sob..Tolong berkomentar dengan baik dan sopan, sehingga dengan senang hati saya akan berbagi ilmu. Bila berkomentar yang tidak pantas hati-hati jangan sampai berbalik pada diri andan sendiri..Bila ada yang perlu ditambahkan atau diperbaiki saya sangat berterima kasih. salam satu aspal

37 komentar:

  1. Kondisi Busi gmn setelah di ganti Pe28?? Bisa coklat ndak?

    BalasHapus
  2. Kalo jarum.nya di ganti punya gl bisa gak sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas kyknya , jarum mp sama gl hampir sama

      Hapus
  3. manifold binter mersy tinggal plug&play kan

    BalasHapus
  4. Manifold binter kudu gedein lubang bautnya lur

    BalasHapus
  5. Spuyernya pake punya gl pro bisa nggak?

    BalasHapus
  6. ora enek balasan,
    weleeeeeeeeee waleeeeeh

    BalasHapus
  7. Mending remer karbu bawaan nya lur,porting polish in 28 ex halusin aja piston os 50 bisa145 km/jam dapet final gir 14/38 - 15/41 rim 17 ban 70/80 depan ,80/80 belakang,tanpa papras kem

    BalasHapus
  8. Numpang tanya, motor ane mp 2005. Mau ganti pe28 rideit dan itu manipol nya hrs pake yg tiger yah ?
    Dan saya mau tnya karbu nya yg pelampungnya bisa di setting atau paten yah ?
    Trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake manifold Scorpio bisa gan
      Malah langsung plug n plat tanpa merubah lubang baut
      Tapi lubang induksi nya ditambal pake lem besi

      Hapus
    2. Lebih tepat pakai punya binter mercy saya beli 35 cuman bor lubangnya aja

      Hapus
    3. saya punya megapro 2005 pakai pe 28.tarikan bawah enak terus atasnya kurang.gmn sobat

      Hapus
    4. Main jetnya kurang gede mas .

      Hapus
  9. Punya sya megapro 2001 pake pe 28 tarikan enak tpi ujungya brebet turun gas mati tpi di starter hidup lagi apnya yah sob

    BalasHapus
  10. Setting ukuran main jet kebesaran

    BalasHapus
  11. saya punya megapro2005 pake pe 28.tarikan bawah enak.atasnya kurang.gmn solusinya sobat.

    BalasHapus
  12. untuk rombaan leher karbu PE ke megapro primus, itu yg d pakai leher karbu apa gan. mohon infonya.

    BalasHapus
  13. Memang yang ori lebih yahut.. karbu standard mp/ GL series aja udah yahut.

    BalasHapus
  14. Sya pke megapro primus karbu pe 28 tarikan bawah oke sih cma klo buat gas hentak brebet gmna tuh sarannya

    BalasHapus
  15. Om mau tanya syaa megapro tak kasih pe 28 tapi mj udah tak ganti ori megapro di rpm atas masih brebet jarum skep tak taruh di nomer 3

    BalasHapus
  16. Buat setting udara berapa puteran ya mas

    BalasHapus
  17. Tulisan yang bermanfaat dan menginspirasi, berbagi ulasan tentang perbaikan mobil dan motor Tutorial mengenai Ukuran Karburator Motor

    BalasHapus
  18. Kalu punya saya mp pake pe 28 tx kasih pj 38 mj152 enak bang tapi kk kadang mati sendiri kaya bensine gak ngalir ... Habis buat ngebut trs mati

    BalasHapus
  19. Apa cocok karbu pe 28, untuk motor mega pro bore up 260cc?

    BalasHapus
  20. Apa cocok karbu pe 28, untuk motor megapro bore up 260 cc? Kalau cocok ukuran pj mj kira kira berapa ya?

    BalasHapus
  21. PE 28 di magapro 2005
    PJ = 45
    MJ = 125
    Atau
    PJ = 40
    MJ = 120

    Gaaasss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di mp new monoshock brp ukuran pj sm mj nya

      Hapus
  22. Gl pro black engine ,piston tiger lubang in ex di porting,,,pake pe 28...pj 38..mj 120....masih ada brebet tengah dan ujung nya..mohon pncerahan nya nuhun

    BalasHapus
  23. Karbu PE untuk mp 2004 pakai PE no brp ya?

    BalasHapus
  24. Mp thn 2006 pakai pe 28. Agar tarikan mantap.mohon solusinya

    BalasHapus
  25. Balasan
    1. tergantung settingan masing2 motor, tp dr pengalaman enakan pwl

      Hapus